Rabu, 27 Februari 2013

TIPE MOTOR STARTER

                                                             TIPE MOTOR STARTER

Motor starter ada dua tipe : tipe elektro magnet yang field coilnya membalut stator, dan tipe magnet permanen yang tidak menggunakan field coil.

1).Motor starter tipe elektro magnet 
    tipe ini mempunyai field coil yang terbuat dari kabel tembaga yang tebal dan bentuknya persegi  yang
    arahnya berpotongan dengan inti stator. arus mengalir menuju field coil dan armature.

2).Motor starter tipe magnet permanen 
    dibandingkan dengan menggunakan field coil, magnet permanen lebih kuat. bertujuan agar bentuknya
    kompak dan ringan. tipe ini umumnya di gunakan sekarang-sekarang ini.

SPEEDOMETER

                                                                SPEEDOMETER

Speedometer sistim kerjanya berdasarkan gaya sentrifugal medan magnet dan arus listrik untuk tipe magnet banyak di gunakan pada sepeda motor.

*Prinsip kerja:
Magnet yang berputar digerakkan oleh kabel speedometer terhubung dengan plat induksi.yang mana akan berputar karena induksi magnet  yang berputar, gaya magnet akan ikut berputar yang akan menghasilkan gaya torsi pada plat induksi.
Bersamaan dengan berputarnya plat induksi, juga ikut berputar jarum penunjuk. gaya torsi akan meningkat, karena putaran kawat speedometer juga meningkat. sehinnga berdampak langsung pada jarum speedometer. jarum akan berhenti, jika gaya torsi pada plat induksi yang di timbulkan putaran magnet tadi sama dengan gaya lawan dari per rambut dan saat berhenti jarum akan kembali ke angka "0"
 *Kabel meter, tachometer, & jarum meter sesuai spesifikasi JIS, jika putaran kabel speedometer 1.400 rpm, kecepatan jarum menunjukkan 60 Km/Jam.

Rabu, 06 Februari 2013

CARA KERJA MOTOR 4 TAK

                                                   CARA KERJA MOTOR 4 TAK

Mengapa mesin di sebut motor 4 tak, karena memang ada 4 langkah .berikut adalah detail dari setip proses:

1).INTAKE
    disebut dgn langkah intake karena langkah pertama adl menghisap melalui piston dari karbu. pasokan BB 
    tidak cukup hanya dari semprotan karbu. cara kerjanya adl piston pertama kali berada di atas , lalu piston
    menghisap BB yang sudah di setting, piston lalu mundur dan menghisap BB.
 
2).KOMPRESI
    langkah ini adl lanjutan dari langkah di atas, setelah piston mencapai TMB, ditahapan intake, lalu valve  
    intake tertutup, dan di lakukan proses kompresi.
 
3).COMBUSTION (PEMBAKARAN)
    tahap berikut adl busi pada titik tertentu akan meledak setelah piston bergerak mencapai TMA dan 
    mundur beberapa drajat, jadi busi tidak pada saat piston di TMA, tetapi piston mundur dulu, baru
    meledak.

4).EXHAUST (PEMBUANGAN)
    langkah terakhir ini di lakukan setelah pembakaran, piston akibat pembakaran akan terdorong hingga ke
    TMB, setelah itu piston akan mendorong ke depan dan katup exhaust membuka sementara, katup
    intake tertutup, oleh karena itu, maka gas buang akan terdorong masuk ke lubang exhaust port 
    (lubang sambungan ke knalpot). dengan demikian, maka kita bisa membuang semua sisa gas buang akibat
    pembakaran.
                                                                                                                                                                         
 

membershkan & menyetel karburator sepeda motor

                                       
MEMBERSIHKAN & MENYETEL KARBURATOR SEPEDA MOTOR

A). Alat & bahan:
     -kunci ring 10.
     -obeng(-),&(+).
     -cleaner karbu.
     -amplas.
     -bensin.
     -kuas.
     -wadah.

B).Langkah kerja:
     1).membersihkan filter udara/penampung debu:
        *lepaskan filter udara yang terpasang pada mulut karbu , lepas filter lalu bersihkan
          dengan cairan pembersih, lalu biarkan kering sendiri.
     2).membersihkan karburator:
        *bukalah karbu dengan cara melepas baut pengikat tutup karbu,katup cuk & kran
           bensin.
        *gunakan kunci yang sesuai agar alat tersebut tidak gampang dol.
        *lepas komponen-komponen karbu lalu tempatkan dalam wadah yang berisih
          cairan pembersih.
        *lepas mangkok karbu, pelampung, & jarum pelampung,spuyer, langsam dan yang
           yang lainnya.
        *jika sudah terlepas semuanya maka bersihkan karbu dengan kuas, lalu semprot lubang
          -lubangnya dengan menggunakan cleaner karbu, gunakan amplas halus untuk
           membersihkan  spuyer2  dari kotoran yang menempel.
         *setelah bersih rangkai kembali spuyer2 tersebut.
      3).menyetel tinggi pelampung sebelum di pasang,
      4).merakit karburator yang tadi dilepas:
         *rakit karbu dan filter udara , dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin.
         *lalu stel kondisi langsam motor, pada keadaan mesin hidup.
         *stel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam hingga
           Mentok, lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau
           Kondisi mesin.

Minggu, 03 Februari 2013

CARA MENYETEL KATUP


CARA MENYETEL KATUP


A.    Alat &Bahan:
*obeng -&+
*puller gauge
*kunci ring 12mm
*kunci ring 17mm & 19mm


B.  Langkah kerja,
                                             menyetel katup cara ke-1:

     1).putar pully top silinder 1 dengan cara coakan pully bagian dalam persis pada
         angka 0.
     2).katup yang di stel no:1,2,3,5 dengan celah katup 0,30mm & 0,20mm.
     3).putar pully 360’ top silinder 4.
     4).katup yang di stel no; 4,6,7,8 dengan cara yang sama, katup Ex=0,30mm &
         In=0,20mm
        
                                             menyetel katup cara ke-2:

    1).pully di putar top silinder 1 katup yang sama.
    2).katup yang di stel katup In & Ex dengan ukuran yang sama.
    3).pully di putar 180’.
    4).katup yang di stel silinder no 3 Ex & In dengan ukuran yang sama.
    5).pully di putar 180’.
    6).katup yang di stel no:4 (Ex & In) dengan ukuran yang sama.
    7).pully di putar 180’ katup yang di stel no 2 (Ex & In) dengan ukuran yang sama.
    
        *Dari keterangan cara menyetel katup 2 tadi berarti katup di stel di setiap silinder
          berdasarkan FO:1,3,4,2.
        *FO adalah urutan pengapian.
        *ketentuan top silinder 1, ujung rotor pada distributor mengarah pada busi.
        *susunan katup pada mobil toyota kijang/sejenisnya..
         (ex,in,in,ex,ex,in,in,ex)