Minggu, 03 Februari 2013

CARA MENYETEL KATUP


CARA MENYETEL KATUP


A.    Alat &Bahan:
*obeng -&+
*puller gauge
*kunci ring 12mm
*kunci ring 17mm & 19mm


B.  Langkah kerja,
                                             menyetel katup cara ke-1:

     1).putar pully top silinder 1 dengan cara coakan pully bagian dalam persis pada
         angka 0.
     2).katup yang di stel no:1,2,3,5 dengan celah katup 0,30mm & 0,20mm.
     3).putar pully 360’ top silinder 4.
     4).katup yang di stel no; 4,6,7,8 dengan cara yang sama, katup Ex=0,30mm &
         In=0,20mm
        
                                             menyetel katup cara ke-2:

    1).pully di putar top silinder 1 katup yang sama.
    2).katup yang di stel katup In & Ex dengan ukuran yang sama.
    3).pully di putar 180’.
    4).katup yang di stel silinder no 3 Ex & In dengan ukuran yang sama.
    5).pully di putar 180’.
    6).katup yang di stel no:4 (Ex & In) dengan ukuran yang sama.
    7).pully di putar 180’ katup yang di stel no 2 (Ex & In) dengan ukuran yang sama.
    
        *Dari keterangan cara menyetel katup 2 tadi berarti katup di stel di setiap silinder
          berdasarkan FO:1,3,4,2.
        *FO adalah urutan pengapian.
        *ketentuan top silinder 1, ujung rotor pada distributor mengarah pada busi.
        *susunan katup pada mobil toyota kijang/sejenisnya..
         (ex,in,in,ex,ex,in,in,ex)

5 komentar:

  1. Terimakasih banyak ilmunya. Wass.

    BalasHapus
  2. Katup atau valve pada mesin memiliki fungsi cukup vital, jika salah penyetelan bisa mempengaruhi kinerja mesin. Baca juga Prinsip Kerja Mekanisme Katup untuk mengetahui bagimana bisa katup-katup pada mesin bisa saling bekerja.

    BalasHapus
  3. Baru belajar masih agak bingung

    BalasHapus
  4. Ini dapat membantu saya dalam membuat tugas trm kasih assalamualaikum

    BalasHapus